Destinasi Wisata Kota Batu

Kota Batu yang sudah terkenal sejak jaman penjajahan Belanda sebagai kota peristirahatan ini memang cocok dijadikan destinasi liburan Anda. Dengan suasana alam yang sejuk, berada di dataran tinggi dan dikelilingi perbukitan dan pegunungan, menjadikan kota Batu menjadi kota wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Sampai saat ini, banyak sekali tempat-tempat wisata yang siap Anda jelajahi. Selain wisata alam, ada juga wisata-wisata taman rekreasi dan belajar dengan berbagai macam konsep yang unik, berbeda dengan wisata-wisata di daerah lainnya. Tak ketinggalan, wisata kuliner juga bisa Anda coba untuk menghangatkan tubuh Anda di tengah dinginnya kota Batu. Siapkan liburan panjang untuk berwisata disini, karena sehari dua hari saja tidak cukup untuk menjelajahi tempat-tempat unik di kota sejuk ini.

Photo by @pesonamalangraya on Instagram

Alun-Alun Kota Batu

Setiap kota pada umumnya memiliki satu titik sebagai pusat pertemuan para warga kota tersebut, biasa disebut dengan alun-alun. Kota Batu juga memiliki alun-alun yang letaknya strategis, cukup luas dan dekat dengan masjid. Tak hanya itu, alun-alun kota Batu ini juga memiliki wahana bianglala yang cukup menarik perhatian setiap orang yang melewati kawasan tersebut. Tak salah jika Anda mencoba wahana ini. Dari titik tertinggi bianglala, Anda bisa menikmati pemandangan alam kota Batu dengan barisan bukit dan pegunungan yang menjulang indah. Tak hanya itu, di alun-alun ini juga disediakan berbagai fasilitas yang bisa menemani waktu santai Anda bersama orang-orang tercinta. Di sekeliling alun-alun Batu, terdapat banyak stan makanan atau kuliner khas yang bisa Anda nikmati dengan harga yang terjangkau.

Photo by @lingkarmalang on Instagram

Omah Kayu

Sesuai namanya, tempat ini adalah sebuah rumah yang dibuat dari kayu. Tapi uniknya, rumah ini berukuran minimalis dan letaknya yang tak biasa, yaitu diatas pohon. Dengan ketinggian seperti itu, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan alam kota Batu dari atas pohon, baik pagi maupun malam hari. Disana, ada kurang lebih enam rumah yang berkapasitas maksimal tiga orang. Didalamnya terdapat sebuah kasur lengkap dengan selimut dan peralatan makan. Untuk kamar mandi ada di luar rumah. Jika Anda menyewa rumah di Omah Kayu, Anda juga akan mendapat menu sarapan. Bagi Anda yang hanya berkunjung tanpa ingin menyewa kamar, Anda juga bisa menikmati Omah Kayu hanya untuk sekedar berfoto ria atau menikmati pemandangan dari ketinggian dengan udara yang sejuk.

Jambuluwuk Resort

Setelah lelah dengan kesibukan sehari-hari dan ingin memanjakan diri, tempat ini cocok bagi Anda. Dengan suasana yang tenang, sejuk, pemandangan yang indah dari atas bukit dan fasilitas yang lengkap, Jambuluwuk Resort pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama disini. Jambuluwuk Resort merupakan vila-vila kayu mewah dengan peralatan modern. Tak jauh dari desa Oro-Oro Ombo, resort ini berada di puncak bukit kota Batu. Jika menginap di tempat ini, Anda bisa menikmati infinity pool, kolam renang dengan pemandangan langsung alam pegunungan, menikmati kopi di pagi hari dengan suasana alam yang sejuk dan tenang dan sempatkan juga untuk berkeliling ke taman-taman di sekeliling resort.

Photo by @kota_wisata_batu on Instagram

Paralayang

Ingin melihat kota Batu dari sisi yang berbeda? Atau Anda penikmat olahraga yang memacu adrenalin? Atau Anda ingin merasakan menjadi burung yang terbang menembus awan?
Anda sebaiknya berkunjung ke tempat ini. Dengan bermodalkan nyali yang besar, Anda bisa mencoba fasilitas paralayang yang sudah disediakan di lokasi puncak gunung Banyak ini. Jangan khawatir dengan keamanan, karena penyedia paralayang disana telah menggunakan peralatan yang berstandar internasional. Cukup dengan mengikuti instruksi dari guide, Anda bisa menikmati alam kota Batu dari ketinggian. Di tempat ini disediakan beragam paket, mulai dari tandem bagi yang masih pemula sampai yang sudah professional.

Photo by @faizal_bin_ladenh on Instagram

Jawa Timur Park 1

Menjadi salah satu ikon wisata di Jawa Timur, Jawa Timur Park 1 atau biasa disingkat Jatim Park 1 menawarkan taman rekreasi belajar sambil bermain. Taman wisata yang terletak di jalan Kartika no. 2 kota Batu ini, menjadi lokasi yang sering dikunjungi para wisatawan jika berkunjung ke Jawa Timur, tepatnya wilayah Malang Raya. Bagaimana tidak? Jatim Park 1 menawarkan berbagai macam wahana yang bisa Anda coba, diantaranya Super Loop Coaster, Ken Arok Swimming Pool, Tour Bus, dan masih banyak yang lainnya. Jatim Park 1 juga menjadi satu-satunya tempat wisata pertama di Indonesia yang memiliki wahana lima roller coaster sekaligus. Tak hanya bermain, Jatim Park 1 juga bisa menjadi tempat menimba ilmu. Disana disediakan Science Center yang dilengkapi dengan Science Stadium dengan berbagai peragaan science. Cocok bagi anak-anak maupun orang dewasa. Alat-alat peraganya didukung oleh Telkom, PLN, Rimba Raya dan beberapa universitas yang ada di Jawa Timur. Untuk harga tiketnya cukup terjangkau, sekitar Rp. 70.000 per orang di hari Senin sampai Kamis dan sekitar Rp. 100.000 per orang di hari Jum'at sampai Ahad.

Photo by @nurilmaramadhani on Instagram

Jawa Timur Park 2

Hampir mirip dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 juga menawarkan hiburan dan edukasi tak hanya bagi anak-anak tapi juga untuk orang dewasa. Bedanya, Jatim Park 2 lebih menekankan pada kebun binatang modern dengan dilengkapi lembaga konservasi dan ditambah museum berstandar internasional. Kebun binatangnya yang biasa dikenal dengan nama batu Secret Zoo ini memiliki banyak koleksi spesies fauna yang tak hanya dari Indonesia tetapi juga dari berbagain belahan dunia. Kebun binatang modern ini telah banyak meraih penghargaan, diantaranya terpilih sebagai kebun binatang terbaik ke-9 di Asia (2014), destinasi terbaik ke-5 di Asia (2015) dan meraih Certificate of Excellent (2016) oleh TripAdvisor. Tak hanya melihat, pengunjung juga bisa memberi makanan langsung pada hewan-hewan yang ada disana, dilengkapi juga berbagai wahana yang bisa Anda coba walaupun tak sebanyak di Jatim Park 1. Setelah puas bercengkrama dengan hewan-hewan hidup di Batu Secret Zoo, wisata Anda ke Jatim Park 2 masih belum usai. Masih ada museum satwa yang bisa Anda kunjungi, letaknya bersebelahan dengan Batu Secret Zoo. Bedanya, hewan-hewan di museum ini sudah mati alias diawetkan. Dengan bangunan gedung putih yang sangat khas, Museum Satwa menjadi ikon pariwisata di Indonesia. Museum yang berstandar internasional ini menawarkan konsep edukasi yang tidak membosankan. Hewan-hewan yang sudah diawetkan tersebut dipajang di diorama-diorama yang seolah terlihat hidup seperti di habitat aslinya. Selain itu ada juga fosil dan replika hewan purba yang tak kalah menakjupkan. Untuk harga tiket Jatim Park 2 ini juga tak jauh beda dengan tiket Jatim Park 1, sekitar Rp. 84.000 per orang di hari Senin sampai Kamis dan sekitar Rp. 120.000 per orang di akhir pekan.

Photo by @jatimparkdua on Instagram

Eco Green Park

Dengan lokasi yang bersebelahan dengan Jatim Park 2, Eco Green Park menjadi tempat wisata selanjutnya yang sayang untuk Anda lewatkan. Dengan konsep edukasi dan tema "Cintai Bumi", tempat ini menawarkan pembelajaran tentang daur ulang yang menyenangkan. Berbeda dengan Batu Secret Zoo yang memiliki banyak fauna mamalia, di Eco Green Park lebih ke fauna unggas dan serangga tak hanya lokal tapi dari berbagai belahan dunia. Asiknya, Anda tak hanya melihat, tetapi juga berinteraksi langsung dengan fauna-fauna tersebut. Taman ekologi yang bertaraf internasional ini telah meraih penghargaan "Certificate of Excellent" oleh TripAdvisor pada tahun 2016. Untuk tiketnya, sekitar Rp. 40.000 per orang di hari Senin sampai Kamis dan sekitar Rp. 70.000 per orang di akhir pekan.

Photo by @ecogreenpark on Instagram

Museum Angkut + Movie Star Studio

Seakan tak pernah habisnya menjelajahi kota Batu, Museum Angkut ini menjadi wisata selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan. Museum angkut ini dinilai unik dan berbeda dengan museum-museum lainnya yang ada di Indonesia bahkan di negara-negara lainnya. Dengan menampilkan berbagai macam alat angkut atau kendaraan mulai dari yang klasik sampai yang modern, museum ini membawa konsep yang berbeda, tidak membosankan dan kaku seperti museum-museum kebanyakan. Kendaraan-kendaraan tersebut dipajang dengan latar belakang yang menarik, sesuai landscape kota-kota terkenal di dunia. Sehingga pengunjung tidak merasa jenuh. Zona terbarunya saat ini adalah zona Runway 27, disana terdapat koleksi pesawat yang bisa Anda coba langsung dengan masuk kedalam kokpitnya. Tak ketinggalan, Anda pun bisa belajar bagaimana menjadi pilot dengan Flight Simulator. Tak hanya itu, di museum ini juga menampilkan berbagai macam show yang menarik, seperti Gangster Show, Parade Show dan Spiderman Show pada hari-hari tertentu. Untuk urusan makan, tempat wisata ini juga menyediakan Pasar Apung Nusantara yang menawarkan berbagai macam masakan tradisional yang bisa Anda nikmati. Terdapat juga Museum Topeng yang memiliki koleksi berbagai macam topeng tradisional peninggalan sejarah Indonesia. Lokasi wisata yang buka mulai jam 12.00 sampai 20.00 WIB ini, memasang harga tiket sekitar Rp. 70.000 per orang di hari Senin sampai Kamis dan Rp. 100.000 di hari Jum'at sampai Ahad.

Photo by @museumangkut on Instagram

Museum Tubuh "The Bagong Adventure"

Tak hanya museum satwa dan museum angkut, kota Wisata Batu sepertinya juga ingin memberikan edukasi untuk kita sendiri dengan memberikan wisata Museum Tubuh yang menawarkan edukasi tentang anatomi tubuh manusia yang dengan ini kita bisa mendapatkan ilmu tentang sifat manusia dan bagimana cara untuk menjaga kesehatan tubuh dengan konsep wisata yang unik dan menyenangkan. Museum ini menjadi museum tubuh terbesar dan terlengkap sekaligus yang pertama di Asia. Disana disediakan 13 zona yang dimulai dari Zona Gigi, Zona Hidung, Mata, Telinga bahkan Jantung dan berbagai zona lainnya. Disediakan pula fasilitas check up kesehatan gratis yang tidak ada salahnya Anda mencobanya. Di akhir wisata, Anda akan menemukan koleksi kadaver, yaitu manusia yang telah diawetkan untuk tujuan pembelajaran. Berkunjung ke tempat ini akan memberikan kesan yang berbeda dari tempat wisata yang lainnya. Untuk tiket masuknya, dengan membayar sekitar Rp. 40.000 di hari Senin sampai Kamis dan sekitar Rp. 70.000 di hari Jum'at sampai Ahad. Lokasinya dekat dengan Jatim Park 1.

Photo by @museumtubuh on Instagram

Batu Night Spectacular (BNS)

Seolah tak pernah tidur, kota Batu juga menawarkan wisata yang hanya buka mulai jam 16.00 sampai jam 23.00 WIB. Batu Nigh Spectacular atau yang biasa disingkat BNS hanya buka di sore sampai malam hari saja. Lokasi wisata ini menawarkan banyak wahana, diantaranya Trick Art Gallery, Battle Area, Cinema 40, Megamix, haunted House, Gravitron, Laser Mission, Drop & Twist Tower sampai Taman Lampion yang romantis dan terluas di Indonesia, dan masih banyak lagi wahana lainnya. Tak hanya wahana, pengunjung juga bisa menonton berbagai macam pertunjukan seperti Laser Show, Traditional Dance Performance, Dancing Fountain dan Live Music. Untuk melengkapi itu semua, disediakan sekitar 250 stan kuliner dan suvenir yang bisa menemani akhir perjalanan Anda. Untuk tiket masuknya sekitar Rp. 100.000 per orang.

Photo by @windayuliantiii on Instagram

Predator Fun Park

Sesuai namanya, taman wisata yang masih bisa dibilang baru ini menawarkan berbagai macam koleksi predator satwa seperti berbagai macam spesies buaya. Dengan konsep edukasi tentang pengembangbiakan buaya, para pengunjung bisa belajar sambil berinteraksi sekaligus memberi makan langsung spesies predator disini. Tak hanya koleksi predator, ada juga berbagai macam wahana yang siap untuk Anda coba. Untuk tiket masuknya terbilang cukup terjangkau, hanya dengan sekitar Rp. 35.000 di hari Senin sampai Kamis dan Rp. 50.000 di hari Jum'at sampai Ahad, Anda sudah bisa belajar sambil menikmati berbagai wahana yang disediakan oleh Predator Fun Park.

Photo by @predatorfunpark on Instagram

Kusuma Agrowisata

Mengunjungi tempat baru, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas di daerah tersebut. Begitu juga jika Anda berkunjung ke kota Batu, maka tak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi apel khas kota Batu yang sudah terkenal ini. Dengan rasa yang asam dan manis, Anda pun juga bisa menjadikan apel Batu menjadi oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat Anda di rumah. Tidak hanya mencicipi buah apel, di Kusuma Agrowisata, Anda bisa memetik langsung dari pohonnya. Sebenarnya, Kusuma Agrowisata ini adalah hotel dengan lokasi wisata agro. Jika biasanya, hotel memberikan fasilitas wisata kepada pengunjungnya, namun sebaliknya, Kusuma Agrowisata adalah tempat wisata yang menawarkan hotel didalamnya. Tak hanya apel, tempat wisata yang terletak di jalan Abdul Gani Atas ini juga menawarkan wisata agro petik strawberi, jeruk, buah naga, jambu merah dan sayur hidroponik bebas pestisida. Selain wisata petik buah dan sayur, Kusuma Agrowisata ini juga dilengkapi dengan wahana outbond seperti flying fox, War game menggunakan Airsoft Gun dan mengendarai ATV mini di track yang offf-road. Untuk harga tiket masuknya sendiri, tempat ini menyediakan berbagai paket, yang setiap paketnya memiliki harga dan fasilitasnya masing-masing. Yang paling murah harganya sekitar Rp. 32.000 dan yang paling mahal sekitar Rp. 54.000. Itu sudah termasuk tiket masuk dan memetik apel. Namun jika Anda ingin berkeliling menggunakan mobil wisata, Anda harus membayar lagi sekitar Rp. 10.000 per orang. Juga disediakan pemandu wisata yang akan menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan budidaya tanaman dan hal-hal yang berkaitan dengan buah disana.

Photo by @agrowisata on Instagram

Taman Selecta

Taman wisata yang berkonsep taman bunga dan keluarga ini terletak tidak jauh dari alun-alun kota batu, tepatnya di desa Tulungrejo kecamatan Bumiaji kota Batu. Taman yang memiliki sejarah panjang mulai zaman Belanda ini, menjadi tempat yang pas bagi Anda dan keluarga untuk bersantai setelah lelah bekerja sehari-hari. Disana terdapat kolam renang, taman bunga, flying fox sampai menunggang kuda. Disediakan pula villa bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di kota Batu ini. Dan memang, lokasi selecta ini dulunya dijadikan tempat peristirahatan bagi orang-orang Belanda yang berkunjung ke Indonesia. Walaupun telah berdiri cukup lama, namun wisata ini tetap ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri karena fasilitas dan tempatnya yang masih terawat dengan baik.

Photo by @tamanrekreasiselecta on Instagram

Ingin ke tempat-tempat diatas? Silahkan Anda bisa menghubungi marketing kami, kami siap membantu Anda.

TOP